26 Januari 2016

Pembentukan JaWaRa

Komunitas JaWARA, Komunitas Literasi Rintisan FISIP Unsera
UNSERA,25/Januari/2016.

Organisasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan mahasiswa yang menimba ilmu di kampus. 'Agent of change', itulah kalimat yang melekat pada diri setiap mahasiswa. Perubahan-perubahan yang mengarah pada perbaikan kualitas diri mahasiswa dipercaya dapat digali melalui organisasi.

Organisasi sebetulnya sangat penting untuk kebaikan kita sebagai mahasiswa, namun kesadaran berorganisasi itu sangat minim. Tampaknya sudah semakin berkurang mahasiswa yang berminat untuk bergabung dengan organisasi-organisasi yang ada dikampus. Terutama organisasi yang berkaitan dengan profesi akademik. Bahkan di Unsera sendiri belum ada organisasi berbasis literasi. Mungkin karena minat baca masih sangat terbatas, dan buku masih menjadi barang langka di kalangan mahasiswa. 

Sepertinya kita pernah mendengar istilah "mahasiswa kupu-kupu" yang artinya mahasiswa tersebut hanya datang untuk perkuliahan semata. Untuk meminimalisasi hal tersebut, FISIP Universitas Serang Raya membentuk Komunitas JaWARA.

Komunitas JaWARA merupakan komunitas yang bergerak di bidang Jurnalistik, Wisata Literasi, dan Apresiasi Sastra. Komunitas ini didirikan atas inisiasi dekan FISIP Unsera yang didasari oleh dialog bersama antara beberapa dosen di jurusan Ilmu Komunikasi dan Administrasi Negara. 

Gerakan ini diharapkan dapat menjadi gerakan yang mengubah habit mahasiswa, yang awalnya menjunjung tinggi budaya kantin dan hura-hura menjadi budaya membaca, menulis, mengembangkan literasi, dan mencintai budaya lokalnya. Dengan adanya komunitas JaWARA, mahasiswa FISIP Unsera memiliki wadah untuk menyalurkan minat dan bakatnya di bidang jurnalistik, traveling, kajian film, dan apresiasi sastra. 

Mahasiswa lebih berdaya dengan banyak membaca, menulis, dan berkarya. Karena itulah napasnya mahasiswa untuk menunjukan eksistensi dirinya sebagai intelektual muda Nita Nurhayati dan Lela Nurfarida selaku pembina Komunitas JaWARA mengungkapkan: " kami berharap Komunitas JaWARA ini dapat menjadi wadah kreativitas bagi mahasiswa yang konsisten dan komitmen dalam kegiatan-kegiatan literasi dan diskusi. Kegiatan-kegiatan diskusi dan aktivitas membaca serta menelurkan karya dengan cara menulis perlu dibiasakan agar menjadi habit mahasiswa. Karena ciri dari mahasiswa adalah berpikir dan berkarya" ungkapnya. 

Sofa Awaludin, Ketua Umum JaWARA menjelaskan bahwa kedepannya semoga teman-teman komunitas khususnya, dapat berproses dengan baik sebagaimana mestinya, dan dengan adanya komunitas ini semoga menjadi wahana baru yang dapat mewarnai mahasiswa-mahasiswa secara utuh, intelek, cerdas, dan kreatif dalam menghadapi tantangan zaman.



Divisi Jurnalistik 
Komunitas JaWARA

0 komentar:

Posting Komentar

 
;